TUGAS MINGGU 6.
1.
JELASKAN
PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
2.
BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR
INDUSTRI
*PASAR
PENJUAL
3.
JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG
/JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
4.
SEBUT DAN JELASKAN 4
VARIABEL BAURAN PROMOSI
5. SEBUTKAN
BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
1. Pasar adalah suatu tempat bertemunya penjual dan
pembeli. Dalam ilmu
ekonomi, yang dimaksud Pasar adalah tempat atau sarana bertemunya penjual dan
pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan transaksi
jual & beli. Sedangkan Pemasaran adalah Suatu proses sosial & manajerial dimana seseorang atau
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan & usahakan melalui pertukaran
yang dapat memenuhi kebutuhan,keinginan dan permintaan seseorang atauh kelompok.
Pemasaran merupakan proses kegiatan pokok dalam sebuah sistem yang
dilakukan oleh seseorang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya melalui
aktivitas ekonomi yang bertujuan menghasilkan laba.
2.• Contoh jenis pasar industri :
a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
• Contoh jenis pasar penjual :
a) Buka Grosir Buah murah,
lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
3. Disetiap usaha pasti kita menggunakan konsep ( Marketing 4P ), yaitu product, price, place, promotion untuk memajukan usahanya. Dengan maju nya modern qta dapat megujungi di berbagai toko online yang banyak kita kunjungi di berbagai situs website maupun sosial media seperti facebook, twitter, blacberry messenger, dan lain sebagainya. Dan sebagai contoh kami memberikan 1 masukan gambar usaha online.

4. Variabel
Bauran Promosi :
· Periklanan ( advertensi )
Periklanan
merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi yang sering dilakukan perusahaan
melalui komunikasi non individu dengan sejumlah biaya seperti iklan melalui
media masa, perusahaan iklan, lembaga non laba.
·
Publisitas produk
Publisitas
merupakan kegiatan promosi yang hamper sama dengan periklanan yaitu melalui
media masa tetapi informasi yang diberikan tidak dalam bentuk iklan tetapi
dalam bentuk berita.
·
Personal selling
Personal
selling adalah kegiatan promosi yang dilakukan antar individu yang sering
bertemu muka, yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau
mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
·
Promosi penjualan
Promosi
penjualan adalah salah satu bentuk kegiatan promosi dengan menggunakan alat
peraga, seperti : peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, dll.
·
Public relations teknik yang digunakan untuk menjaga hubungan baik
dengan dealer dan konsumen,
5.
v
Memaksimumkan pilihan
v
Memaksimumkan konsumsi
v
Memasimumkan Mutu Hidup Kepuasan Konsumen
v
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar