Sabtu, 30 November 2013

minggu ke 6 PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN

TUGAS  MINGGU 6. 

1.      JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
2.      BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
 3.    JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )  
 4.    SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
 5.    SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN


1. Pasar  adalah suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli. Dalam ilmu ekonomi, yang dimaksud Pasar adalah tempat atau sarana bertemunya penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan transaksi jual & beli. Sedangkan Pemasaran adalah Suatu proses sosial & manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan & usahakan melalui pertukaran yang dapat memenuhi kebutuhan,keinginan dan permintaan seseorang atauh kelompok. Pemasaran merupakan proses kegiatan pokok dalam sebuah sistem yang dilakukan oleh seseorang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya melalui aktivitas ekonomi yang bertujuan  menghasilkan laba.
2.• Contoh jenis pasar industri :

a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
• Contoh jenis pasar penjual :

a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.










3. Disetiap usaha pasti kita menggunakan konsep ( Marketing 4P ), yaitu product, price, place, promotion untuk memajukan usahanya. Dengan maju nya modern qta dapat megujungi di berbagai toko online yang banyak kita kunjungi di berbagai situs website maupun sosial media seperti facebook, twitter, blacberry messenger, dan lain sebagainya. Dan sebagai contoh kami memberikan 1 masukan gambar usaha online.
Description: C:\Users\acer\Pictures\spongbob\h1.jpg
Description: C:\Users\acer\Pictures\spongbob\COPLE 1.jpg4. Variabel Bauran Promosi :
·         Periklanan ( advertensi )
Periklanan merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi yang sering dilakukan perusahaan melalui komunikasi non individu dengan sejumlah biaya seperti iklan melalui media masa, perusahaan iklan, lembaga non laba.
·         Publisitas produk
Publisitas merupakan kegiatan promosi yang hamper sama dengan periklanan yaitu melalui media masa tetapi informasi yang diberikan tidak dalam bentuk iklan tetapi dalam bentuk berita.

·          Personal selling
Personal selling adalah kegiatan promosi yang dilakukan antar individu yang sering bertemu muka, yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan kedua belah pihak.



·         Promosi penjualan
Promosi penjualan adalah salah satu bentuk kegiatan promosi dengan menggunakan alat peraga, seperti : peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, dll.
·         Public relations teknik yang digunakan untuk menjaga hubungan baik dengan dealer dan konsumen,

5.
v  Memaksimumkan pilihan
v  Memaksimumkan konsumsi
v  Memasimumkan Mutu Hidup Kepuasan Konsumen
v  Memaksimumkan Kepuasan Konsumen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar