Minggu 2
1.
Jelaskan bagaimana cara mendirikan
(berikan langkahnya ukm dengan memperhatikan faktor produksi)
2.
Berilah masing – masing sebanyak 5
riil perusahaan berdasarkan waktu dan tempat.
3.
Sebutkan dan jelaskan dengan
singkat apa yang menjaditujuan perusahaan.
4.
Jelaskan apa yang dimaksud
lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan.
5.
Aplikasikan setiap variabel
lingkungan internal dan eksternal. Bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan.
6.
Jelaskan perbedaan producer
oriented approach dan consumer oriented approach
JAWAB
1.
A. Pertama memerlukan sejumlah MODAL, yaitu barang-barang
atau peralatan yang dapat di gunakan untuk faktor produksi. Dan juga uang yang
dipakai untuk mendirikan sebuah UKM, berasal dari pribadi\individu
atau dari pinjaman bank.
B. Yang kedua adalah TENAGA KERJA, tenaga kerja
adalah faktor produksi yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan
sebuah kegiatan produksi. Berdasarkan kualitas, tenaga kerja kerja dibagi
menjadi 3, yaitu:
v Tenaga kerja terdidik
v Tenaga kerja terampil
v Tenaga kerja tidak terdidik dan
tidak terlatih
C.
Selanjutnya adalah MATERIAL, material termasuk
tanah, air, dan bahan-bahan
mentah yang berasal dari sumber-sumber di alam semesta.
D.
Dan yang
terakhir adalah METODE, inisiatif produktif, ide-ide kreatif untuk
menghasilkan sebuah barang dan jasa, pengambilan keputusan, dan berani
menanggung segala resiko.
2. - Lokasi & letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
- Lokasi & letak
perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
- Lokasi & letak
perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan.
- Lokasi & letak
perusahaan terikat pada alam.
- Lokasi & letak
perusahaan berdasarkan sejarah.
3. a. Mendukung kemandirian dan kemajuan Industri
Nasional.
b. Memberikan produk dan layanan yang
berkualitas kepada Pemesan dalam rangka menciptakan nilai yang prima.
c. Menghasilkan keuntungan bagi Pemegang Saham
d. Menciptakan kesejahteraan, peningkatan
kualitas dan kepuasan kerja karyawan.
v Tujuan Pelayanan Primer
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan Organisatoris adalah nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan Organisatoris adalah nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.
v Tujuan Pelayanan Kolateral
Tujuan Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari kegiatan perusahaan.
Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat,
misalkan : membayar pajak.
Tujuan Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari kegiatan perusahaan.
Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat,
misalkan : membayar pajak.
v Tujuan Pelayanan Sekunder
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Namun secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
a. mencapai keuntungan maksimal
b. mempertahankan kelangsungan hidup.
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Namun secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
a. mencapai keuntungan maksimal
b. mempertahankan kelangsungan hidup.
c. mengejar pertumbuhan
d. menampung tenaga kerja
d. menampung tenaga kerja
4. A) Lingkunganeksternalmakro
Adalah lingkungan eksternal
yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
- Keadaanalam => SDA, lingkungan.
- Politik dan hankam =>kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada =>menciptakan.
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan dan kebudayaan
- Social danbudaya
- Kependudukan
- Hubungan internasional.
B) Lingkunganeksternalmikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
- Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara, misalnyadistribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatanmetode, dll.
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi
dan langsung mempengaruhi
hasilproduksi.
Contoh :
- Tenagakerja
- Peralatandanmesin
- Permodalan (pemilik, investor, pengelolaandana)
- Bahanmentah, bahansetengahjadi, pergudangan
- System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
5.
6.a. Producer oriented approach:
Produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya barang dan jasa kepasar. Contoh
:SeorangPedagangsayur, daging , berasataukebutuhansehari- hari yang menjual barang
dagangannya di pasar kepada konsumen.
B Consumer oriented approach: Konsumen yang berorientasi pendekatan,
maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar. Contoh
:Seorangpembeli yang membeli dagangan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dengan Membeli beras atau kebutuhan lainnya.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar